Merdeka-Walk-Anak-Medan-Wajib-Kesini

Merdeka Walk Medan, siapa yang tak kenal tempat ini, tetapi jika belum pernah tak ada salahnya untuk berkunjung.  Night market dengan sajian utama wisata kuliner. Setiap malam, ribuan orang tumpah ruah ke sini untuk bergoyang lidah.

Merdeka Walk digagas pada zaman Abdillah sebagai Walikota Medan dan diresmikan pada 14 April 2005. Lokasinya mengambil areal bekas tempat parkir yang berada di Lapangan Merdeka yang ada di sisi Jalan Balai Kota disulap jadi tempat kuliner.

Merdeka-Walk-Anak-Medan-Wajib-Kesini

Posisinya berada di bawah rindangnya pohon-pohon trembesi berusia ratusan tahun yang ditanam sejak zaman Belanda. Jadi, siang hari panas tidak menyengat karena tertahan rindangnya pohon, sementara malam hari lampu hias beragam model dilekatkan di dahan dan batang pohon.

Areal seluas 6.600 meter persegi itu kini menyediakan setidaknya 700 kursi. Pengunjung bisa memesan makanan dari sekitar 30 dan outlet makanan penjual yang ada. Begitu menu diantar, langsung bayar.

Dari sisi harga, sajian di Merdeka Walk tak bisa dibilang murah. Bisa dikatakan menengah ke atas. Harga yang standar seperti di luaran hanyalah di restoran fast food.

Berbicara menu, menu yang ditawarkan di sini banyak ragam jenis. Mulai dari steak yang variatif jenis dan sajiannya, sup tomyam, sushi, dan seafood, hingga beragam jenis minuman impor. Sedangkan menu lokal lebih tentu beragam lagi, mulai lontong sayur, soto medan, sup buntut, sate padang, nasi gurih atau nasi lemak, dan tentu saja ada nasi goreng, mie pansit, bakso hingga mpek-mpek.

Tidak sekadar itu, tersedia juga menu dimsum, ice cream, serta makanan penutup khas Medan yang disajikan dingin, pancake durian. Jika semua itu masih tidak mempan, maka pengunjung dapat berjalan ke ujung sisi selatan dan di sana tersedia McDonald yang buka 24 jam, atau ke ujung sebelah utara ada Pizza Hut namun hanya buka sampai pukul 24.00 WIB.

Meskipun aktivitas Merdeka Walk sudah mulai dari pagi, tetapi geliatnya Walk mulai terlihat sejak sore, dan mencapai puncaknya pada malam hari. Kaum muda terutama, datang untuk berkumpul dan berselancar free wifi. Jika kebetulan ada event live music atau festival, maka areal tengah Merdeka Walk akan dipasangi panggung dan sajikan hingar-bingar musik.

Di dekat Pizza Hut juga tersedia layar besar yang difungsikan untuk memutar film-film, maupun menampilkan siaran langsung sepak bola yang suaranya dipantulkan melalui pengeras suara yang diikatkan di dahan pohon trembesi. Jika sudah begini, keriuhan akan memenuhi sisi utara Merdeka Walk.

Pada saat malam Minggu, atau malam yang esoknya hari libur, akan sangat sulit mencari lokasi parkir. Untuk sepeda motor mungkin tidak begitu payah, namun parkir mobil akan relatif sulit.

Merdeka-Walk-Anak-Medan-Harus-Kesini

Merdeka Walk memang tidak buka 24 jam, tetapi menjadi lokasi wisata kuliner yang menyenangkan di Medan. Keluarga dengan anak-anak yang masih kecil, suka datang kemari.

Ada wahana permainan di Amazone. Beberapa stand juga menjual mainan untuk anak-anak, dan menyediakan suvenir khas seperti t-shirt dan kerajinan tangan. Jadi, jika tiba peluang datang ke Medan, jangan lewatkan suasana night market ala Asia di Merdeka Walk. Namun jika anda sudah pernah kemari, tak ada salahnya untuk mengunjungi Mesjid Raya Medan yang tempatnya tidak jauh dari lokasi ini

LEAVE A REPLY