Masjid Raya Al - Mashun Medan

Medan, Banyak sekali ikon  unik dan menarik di kota ini, semua ikon lengkap dengan unsur sejarahnya. Kota Medan merupakanibukota  provinsi Sumatera Utara, dan juga kota metropolitan ketiga di indonesia. Tanpa memperpanjang lebar, Berikut Kami lampirkan 5 ikon tersebut :

1. Istana Maimun

Istana Maimun adalah Istana Kesultanan Deli peninggalan Sultan Mahmud Al Rasyid yang terkenal, istana berwarna kuning tersebut masih berdiri kokoh dan megah di tengah Kota Medan dan menjadi ikon kota metropolitan tersebut.
Istana maimun medan
Anda dapat menjumpai istana ini di Jln. Brigjen Katamso Kelurahan Sukaraja, Kecamatan  Medan Maimun. Secara arsitektural, bangunan Istana Maimun didominasi warna kuning yang merupakan warna khas Melayu.

2. Mesjid Raya Al-Mashun

Masjid Raya Al Mashun atau juga dikenal dengan Masjid Raya Medan ini telah berusia lebih dari 100 tahun sejak dibangun pertama kali pada 21 Agustus 1906.
Masjid Raya Al - Mashun Medan

Secara arsitektural, bangunan masjid ini mengadopsi corak bangunan campuran Maroko, Eropa, Melayu, dan Timur Tengah. Bangunan masjid ini begitu unik dengan rancangan berbentuk bundar segi delapan dan memiliki 4 serambi utama di bagian depan, belakang, serta samping kiri dan kanan. Sekaligus pula ke-4 serambi tersebut menjadi pintu utama masuk ke masjid. Dan ikon ini merupakan saksi kehebatan sejarah Kesultanan Deli.
Alamat Masjid Raya Al Mashun: JL. Sisingamangaraja No. 718, Medan

3. Gedung Balai Kota

Seperti berada di Belanda. Begitulah kira-kira kesan pertama saat melihat bangunan ini. Gedung Balai Kota ini berdiri sejak tahun 1900  ( telah mengalami perubahan ) dan telah menjadi saksi perkembangan Kota Medan dari waktu ke waktu. Setidaknya, ada 12 walikota yang pernah memiliki kantor di sana.
Gedung balai kota medan

Bangunan cantik ini sempat mengalami masa-masa kelam. Pada tahun 1990, Gedung Balai Kota Baru dibangun dan mulai saat itulah, Gedung Balai Kota Lama terbengkalai dan tak terurus. Namun setelah ada pembangunan hotel di belakangnya, gedung ini mulai kembali terawat. Letak Gedung Balai Kota Lama ada di Jl Balai Kota Medan dan bisa dikunjungi kapan saja. Baik malam atau siang, gedung ini tetap memancarkan pesonanya. Ini juga merupakan salah satu ikon kota medan

4. Kantor Pos Lama

Kantor Pos Medan adalah salah satu bangunan bersejarah yang hingga kini masih berdiri kokoh di Kota Medan. Letaknya yang berhadapan dengan Lapangan Merdeka, tidak jauh juga dari Merdeka Walk membuat bangunan ini menjadi objek wisata bersejarah yang ramai dikunjungi wisatawan asing maupun lokal. Gaya arsitektur Belanda yang masih kental, mirip dengan gaya arsitektur Titi Gantung di dekat stasiun, dan memang dipertahankan hingga sekarang. Sampai saat ini, bangunan ini menjadi bangunan vital bagi masyarakat Medan.
kantor pos tua medan

Kantor pos yang terdapat di jantung kota Medan ini juga merupakan ikon kota Medan. Bangunan yang di dominasi dengan warna putih dan orange, yang merupakan identitas Pos Indonesia ini memiliki bentuk kubah yang unik. Bentuk kubah tetap dipertahankan walaupun kantor pos ini telah mengalami beberapa kali renovasi.

5. Menara Air Tirtanadi

Menara Air Tirtanadi merupakan salah satu ikon kota Medan. Keberadaan menara ini dapat dikatakan sangat vital bagi masyarakat kota Medan. Bangunan ini didirikan pada tahun 1908, oleh pemerintah Belanda, sebagai tempat penampungan air bagi masyarakat Medan. Namun tidak semua masyarakat medan dapat memanfaatkan menara air tersebut, hanya golongan menengah keatas saja yang diperkenankan memanfaatkan menara air tersebut sebagai sumber penghasil air untuk kebutuhan sehari-hari. Masyarakat golongan menengah kebawah masih menggunakan sumur-sumur untuk memenuhi kebutuhan air mereka sehari-hari.
Tugu Air Tirtanadi medan

Selain sebagai pemasok air bagi warga sekitar, menara ini juga sebagai Landmark kota medan di zamannya. Pembangunan menara ini juga tidak lepas dari pembangunan perusahaan air milik pemerintah kolonial Belanda, dengan nama NV. Water Leiding Maatschappij Ajer Beresih, yang berpusat di Amsterdam, Belanda. Mungkin sekarang ini anda sering mendengar istilah “ air ledeng” dan “air bersih”, kedua istilah diatas memang berasal dari bahasa belanda, leiding dan ajer beresih. Karena saking lamanya zaman penjajahan belanda, bahasa yang digunakan masyarakat menjadi campur dengan bahasa Belanda. Bahkan sampai sekarang, istilah tersebut sering digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Diatas adalah 5 ikon kota medan yang sudah kamui ketahui sekarang,  semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu seerta menambah waawasan menjadi luas.

SHARE
Next articleIstana Maimun Kota Medan

LEAVE A REPLY